Rabu, 04 Februari 2009

VISI MISI PROGRAM STUDI S-1 KRIYA SENI

Visi:

Menjadi Program Studi di Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang bertanggung jawab terhadap kekayaan budaya bangsa, menjadi barometer dunia dalam pembinaan dan pengembangan seni kriya serta memberikan kontribusi terhadap pencerdasan dan pencerahaan estetis sesuai dengan perkembangan zaman.


Misi:

Membina dan mengembangkan seni kriya Indonesia selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berwawasan lingkungan dan budaya bangsa melalui pendidikan dalam bidang penciptaan, pengkajian, dan pengelolaan kriya seni kriya.


Tujuan pendidikan Program Studi Kriya Seni adalah menghasilkan lulusan dengan kemampuan sebagai berikut:

1. Mampu menghayati nilai-nilai budaya Nasional serta menanggapi gejala kebudayaan pada umumnya yang berkaitan erat dengan bidang seni kriya untuk mengembangkan kepribadian dan wawasannya.

2. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan mampu menelaah serta memecahkan permasalahan dalam bidang seni kriya dan menerapkannya pada kegiatan pelayanan masyarakat.

3. Menguasai berbagai media dan teknik kriya sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menciptakan karya-karya seni kriya secara kreatif dan inovatif.

4. Memiliki sikap dan perilaku dalam membawakan diri untuk berkarya di bidang kriya seni maupun berkehidupan bermasyarakat.

5. Mampu berinteraksi dengan bidang-bidang ilmu lainnya untuk memperluas wawasan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

2 komentar:

  1. Kriya adalah salah satu cabang seni rupa yang tumbuh dan berkembang berdasar pada akar budaya bangsa yang menciptakan karya-karya seni untuk memenuhi kebutuhan fungsional dan atau non fungsional yang dalam perwujudannya dilaksanakan secara kreatif, inofatif, serta dengan craftmenship yang tinggi, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maupun karya ekslusif.
    Namun pelaksaan disiplin perkuliahan sangat jauh dari itu semua. Minimnya pengenalan teknik dan cara produksi kriya namun menginginkan suatu konseptual estetika yang tinggi membuat karya kriya semakin tenggelam. Hal ini disebabkan sistem perkuliahan yang sangat biasa- biasa saja dari dahulu sampai sekarang karena ilmu dan kemampuan mengajar sebagian dosen yang sangat minim dan mahasiswa yang suka tidur. Akankah berubah.....

    BalasHapus
  2. apa sih kriya seni itu?
    bedanya apa ama seni kriya?

    BalasHapus